MAKALAH PERNYATAAN

MAKALAH PERNYATAAN


Disusunolehkelompok 2
1.     MardianiWulandari
Npm 18071002
2.     HisciPutriUtami
Npm 18071018

DosenPengampu: BapakRomadon, S.Pd, M.Pd

Program StudiSistemInformasi
STIMIK DIAN CIPTA CENDIKIAKOTABUMI



KATA PENGANTAR

Puja danpujisyukursayapanjatkankehadiratTuhan yang MahaEsa.Karenadenganlimpahanrahmat, taufik, hidayah, dankarunianyasayamasihdiberikankesehatandankekuatanuntukdapatmembuatdanmenyusunmakalahini.Makalahdisiniuntukmemenuhitugasmatakuliah“ LogikaInformatika”.
Sayasangatmenyadaribahwadalampenulisanmakalahinimasihjauhdarisempurnadanmasihbanyaksekalikesalahan.Sayaberharapsemogamakalahinibisamenambahpengetahuandanmenambahwawasankitasemua.Disampingitusayajugasangatmengharapkankritikdan saran darisemuapihak yang bersifatmembangun, denganmaksud agar makalahinibisalebihbaiklagiuntuk yang akandatang. Semogamakalahinibisabermanfaatuntukkitasemuaamin.





Kotabumi, 19 Oktober 2018

               Penyusun




DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR................................................................................ii
DAFTAR ISI..............................................................................................iii
BAB I PENDAHULUAN..........................................................................
1.1 Latar belakang......................................................................................1
1.2 Rumusan masalah.................................................................................2
1.3 Tujuan masalah.....................................................................................2
BAB II PEMBAHASAN............................................................................
2.1 PengertianPernyataan..........................................................................3
 2.2 TeoriPernyataan ................................................................................4
BAB III PENUTUP....................................................................................
3.1Kesimpulan.............................................................................................5
3.2Saran.......................................................................................................5
DAFTAR PUSTAKA


BAB I
PENDAHULUAN
1.1    LatarBelakang
Logikamerupakanilmu yang mempelajaripikiran yang dinyatakandalambahasa.Dalamlogika yang dimaksuddenganbahasaadalahsuatusistembunyi-bunyi yang artikulasikandandihasilkandenganalat-alatbicaraatausistem kata-kata yang tertulissebagailambangdari kata-kata yang diucapkan.Fungsibahasaadalahuntukmenyampaikandanmenyatakanpikiran.
Berpikiradalahsuatukegiatanjiwauntukmencapaipengetahuan.Pemikiranberartimencarisesuatu yang belumdiketahuiberdasarkansesuatu yang diketahui.Sesuatu yang sudahdiketahuiitumerupakan data ataubahanpemikiran.
Dalamilmulogikajugaakandijumpaimasalahtentanghalpernyataandanpenalaransalahsatunya “oposisi” kata oposisidisinidipakaiuntukmenyatakanduaperngertian, yaituuntukmenyatakanhubungantertentuantaraduaproposisidan yang lainnyauntukmenyatakankonklusisecaralangsung.
Padamakalahinipenulisakanmembahastentangoposisidanperyantaan yang sama, yang akandibahassecararincisesuaidengankemampuanpenulis.




1.2 Rumusan  Masalah
Secaraumumrumusanmasalahdalammakalah “OposisidanPernyataan yang Sama ”akandibahassepertipertanyaanberikut :        
1. Apa yang dimaksuddenganpernyataan ?
2.Apasajabentukdaripernyataan ?

1.3TujuanMasalah
1.3.1 Bagipenulis
MakalahinibertujuanuntukmenyelesaikantugasdalammatakuliahIlmuMantiqdanLogika, danjugabergunabagimenambahwawasanpenulismengenaiilmulogika .
1.3.2 Bagipembaca
DiharapakanmakalahinibisabermanfaatbagipembacasekaligusmenambahpengetahuanpembacatentangIlmuMantiqdanLogika  danjugapenulisberharappembacabisamemahamiapa yang dipaparkandalammakalahini.
1.3.3Bagimasyarakat
Penulis  berharapmakalahinibisamengubahpolapikirmasayarakat, danjugabisamenanggapisebuahpermasalahsecaralogikaketikasetelahmembacamakalahini.


BAB II
PEMBAHASAN

2.1PengertianPernyataan
Pernyataanadalahkalimat yang mempunyainilaibenarsajaatausalahsaja, tetapitidaksekaligusbenardansalah.Kebenaranataukesalahansebuahpernyataandinamakannilaikebenarandaripernyataantersebut.Suatupernyataanbiasanyadilambangkandenganhurufkecil, misalnya p, q, r, danseterusnya.Setiappernyataanadalahkalimat, tetapitidaksemuakalimatmerupakanpernyataan.
Contoh :
a. Jakarta adalahibukota Negara Republik Indonesia.
b. 5 adalahbilangangenap.
c. Kemanaandapergi?
Kalimat (a) merupakanpernyataan yang bernilaibenar, kalimat (b) merupakanpernyataan yang bernilaisalahdankalimat (c) bukanmerupakanpernyataan, karenatidakbernilaibenaratausalah
Kalimat-kalimat yang tidaktermasukpernyataan, adalah:
a.Kalimatperintah
b.Kalimatpertanyaan
c. Kalimatkeheranan
d. Kalimatharapan




2.2TeoriDalamPernyataan
2.2.1 TeoriKorespondensi
Teorikorespondensi (the correspondence theory of truth) menunjukkanbahwasuatukalimatakanbernilaibenarjikahal-hal yang terkandung di dalam   pernyataantersebutsesuaiataucocokdengankeadaan yang sesungguhnya. Contohnya, “Surabaya adalahibukotaPropinsiJawaTimur”  merupakansuatu   pernyataan yang bernilaibenarkarenakenyataannyamemangdemikian, yaitu   Surabaya memangbenarmerupakanibukotaPropinsiJawaTimur. Namun   pernyataan “Tokyo adalahIbukotaSingapura”, menurutteoriiniakanbernilaisalahkarenahal-hal yang terkandung di dalampernyataanitutidaksesuaidengankenyataannya.
2.2.2     TeoriKoherensi
Teorikoherensimenyatakanbahwasuatukalimatakanbernilaibenarjikapernyataan yang terkandung di dalamkalimatitubersifatkoheren, konsisten, atautidakbertentangandenganpernyataan-pernyataansebelumnya yang dianggap      benar. Contohnya, pengetahuanAljabartelahdidasarkanpadapernyataan   pangkal yang dianggapbenar.Pernyataan yang dianggapbenaritudisebutaksiomaataupostulat. Vance (19..)menyatakanadaenamaksioma yang berkaitdenganbilangan real a, b, dan c terhadapoperasipenjumlahan (+) danperkalian(.)

BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
OposisimerupakanOposisipertentanganantaraduapernyataanatasdasarpengolahan term yang sama. Pertentangandisinidiartikanjugadenganhubunganlogis, yaituhubungan yang di dalamnyaterkandungadanyasuatupenilaianbenaratausalahterhadapduapernyataan yang diperbandingkan.Sehinggamenghasilkansebuahkesimpulan yang benardariduaperlawanantersebut.
Penyimpulaneduksiadalahcaramengubahsuatuproposisikepadaproposisi lain tanpamengubahmakna, disampingmemberipedomanapakahduaproposisikategorikataulebihmempunyaimakna yang samaatauberbeda.
Sehinggaoposisidanpernyataanmempunyaifungsimasing-masing yang dapatmenyimpulkansuatukebenaran yang sah.

3.2  Saran
      Makalahinitidaklahmemenuhistandarkesempurnaan, tetapi kami (penulis) berusahamemberikanpengetahuan yang bisamenambahwawasantentangLogikadanIlmuMantiq.Sehinggabisamengahasilkansebuahpenalaran yang logissehinggatidakmengalamikesesatandalamberpikir.  
     Kritikdan saran sangat kami butuhkanseandainyapembacamenemukancelah-celahkesalahan.Bacalahdanpahamidenganbenar.








DaftarPustaka

Ali Alwi, 1986,  Pengantar  LogsikaTradisional, Bandung,  Alumni

BasiqDjalil, 2010,  Logika (IlmuMantiq),  Jakarta,  Kencana

Mundiri, 2015, Logika, Jakarta, RajawaliPers


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH DIAGRAM VENN

MAKALAH RELASI

MAKALAH PETA KARNAUGH